Tuesday, January 24, 2006

Kartika Airlines tambah tiga armada

Taken from Antara News dated Jan. 24, 2006. So sorry folks, it is still in Bahasa Indonesia. I will do the translation later on as I will post more from Antara News.

**********************************

JAKARTA (Antara): Perusahaan penerbangan swasta nasional Kartika Airlines menargetkan akan menambah tiga armada pesawat untuk mendukung ekpansi rute penerbangan Indonesia bagian Timur.

"Saat ini kita masih memiliki dua pesawat dan tahun ini kami akan menambah tiga pesawat," kata Presiden Direktur PT Kartika Airlines, Odang Kariana ketika dihubungi di Jakarta, Selasa.

Penambahan armada pesawat Kartika Airlines, Odang menjelaskan sebenarnya telah direncanakan jauh hari dan secara kebetulan seiring dengan kebijakan pemerintah yang meminta perusahaan penerbangan diwajibkan memiliki pesawat minimal lima buah.

"Bagi perusahaan penerbangan yang telah memenuhi persyaratan tersebut, bukan suatu masalah. Namun bagi perusahaan yang belum memiliki lima armada, tentu harus mematuhi aturan itu," katanya.

Odang memperkirakan April tahun ini penambahan pesawat ketiga berhasil direalisasikan. Pesawat keempat ditargetkan Juni dan pesawat kelima, ditargetkan bulan September.

Jika selama ini Kartika Airlines masih melayani penerbangan dengan rute Indonesia bagian Barat dan Indonesia bagian Tengah, Odang mengatakan, dengan penambahan pesawat pihaknya akan mengambil rute penerbangan ke Indonesia bagian Timur.

Odang menyebutkan, penerbangan ke Indonesia bagian Timur diantaranya ke Kalimantan, Ujungpandang, dan Ambon.

Sedangkan rute ke luarnegeri, yakni ke Johor Baru dan Ipoh, Malaysia.

"Kami sudah memiliki 10 daerah tujuan penerbangan, yakni Cengkareng, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Tarakan, Batam, Medan, Johor Baru, Ipoh, dan Aceh," katanya.

Odang menjelaskan, Sabtu 21 Januari merupakan penerbangan perdana ke Aceh dengan pesawat boeing 737-200 berkapasitas 114 tempat duduk (seat). Rute penerbangan Banda Aceh-Medan-Batam dan Jakarta.

Lebih lanjut, perusahan penerbangan yang sudah memiliki sekitar 130 karyawan ini, setiap hari memberangkatkan satu pesawat Kartika dari Medan (Sumatera Utara) pukul 07:30 WIB, kemudian dari Banda Aceh melalui bandara Sultan Iskandar Muda berangkat
menuju Medan, pukul 08:30 WIB, selanjutnya menuju Jakarta via Batam.

Maskapai penerbangan Kartika Airlines baru beroperasi Juni 2005 setelah sebelumnya berhenti November 2004 karena kesulitan finansial.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home